STOP VIRUS CORONA MULAI DARI DIRI SENDIRI


Selamat pagi sobat sehat..

Virus Corona semakin hari semakin menyebar luas. Meski virus ini datangnya dari luar negeri, tapi negara kita juga kena dampaknya. Di Indonesia sendiri banyak yang sudah terinfeksi virus ini. Bahkan lebih dari ribuan masyarakat Indonesia kini menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP). 

Usahakan selalu stay home ya, alias di rumah aja. Nah, sekarang coba kita terapkan beberapa tips dan panduan dari WHO yang dapat diterapkan guna melindungi diri dan mencegah penularan virus corona.

1. Rajin Cuci Tangan

Mencuci tangan rutin menjadi salah satu cara terbaik dalam melindungi diri dari virus corona, kebiasaan ini bisa membantu membunuh kuman dan virus corona yang mungkin menempel di tangan.
Biasakan mencuci tangan secara teratur hingga menyeluruh, pakai air bersih dengan sabun dan cairan berbahan alkohol.


2. Menjaga Jarak

Jaga jarak terutama dengan seseorang yang sedang batuk atau bersin guna membantu menghindari penularan penyakit.
Setidaknya jarak satu meter untuk menghindari penularan virus, kemudian tidak disarankan untuk menghabiskan waktu di luar rumah jika tidak ada kepentingan.
Bagi yang tengah dalam kondisi batuk dan bersin, pastikan untuk mengetahui etika di tempat umum dan gunakan selalu masker.
Usahakan untuk biasa menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk, setelah itu buang tisu ke tempat sampah.
Setelah itu cuci tangan dengan air bersih dengan menggunakan sabun setiap setelah batuk, bisa menggunakan hand sanitizer dan pembersih tangan lain.

3. Jangan Sering Menyentuh Wajah

Telapak tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang paling rentan menjadi 'sarang' virus, untuk itu disarankan untuk selalu menjaganya.
Menjaga dalam artian disarankan sangat menghindari menyentuh mata, hidung dan mulut terlalu sering dengan menggunakan tangan.
Hal ini dikarenakan, virus bisa dengan cepat berpindah dari tangan ke bagian tubuh lain seperti mata, hidung hingga mulut yang kemudian masuk ke dalam tubuh.

4. Konsultasi ke Dokter

Jika mengalami gejala ringan yang telah disebutkan sebelumnya hingga kesulitan dalam bernapas segera lakukan pemeriksaan ke dokter.
Di Indonesia, pemerintah telah menunjuk sejumla rumah sakit rujukan untuk pemeriksaan dan tes virus corona.
Disarankan untuk melakukan panggilan telepon terlebih dahulu guna mencari tahu informasi terkait rumah sakit yang dituju.
Sementara itu, setelah pemeriksaan dilakukan dan hasilnya negatif, menjaga kesehatan dan kebersihan tetap perlu dilakukan sesuai anjuran tenaga medis.

5. Ikuti Perkembangan Berita

Pastikan selalu mengikuti perkembangan informasi terkait pandemi virus corona, selain itu hindari berpergian ke daerah dengan banyak kasus infeksi virus corona.
Apabila seseorang merasa tidak enak badan, disarankan untuk melakukan isolasi diri dan tidak keluar rumah karena bisa jadi gejala awal timbulnya infeksi virus corona.

Comments

Popular posts from this blog

EVALUASI BELAJAR ONLINE

PENTINGNYA DASAR IMAN TAUHID