Jenis Aplikasi HRIS, Manfaat Dan Tips Untuk Memilihnya Untuk Kebutuhan Perusahaan

 

HRIS Online

Mengelola sumber daya manusia di perusahaan tertentu membutuhkan keterampilan khusus dari personel HRD yang ada. HRD sebagai divisi yang paling bertanggung jawab, memiliki beban berat untuk memastikan setiap proses manajemen berjalan dengan baik dan berhasil. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi HRIS yang dapat membantu proses.

Secara umum, aplikasi HRIS diklasifikasikan menjadi 3 yaitu HRIS, HCM, dan HRMS. HRIS adalah aplikasi yang berfungsi untuk mengelola sumber daya manusia, kebijakan, dan prosedur perusahaan. HCM adalah aplikasi yang mencakup fungsi HRIS, manajemen Talenta, dan kemampuan global. HRMS adalah aplikasi yang mencakup semua fungsi HRIS dan HCM, dan manajemen waktu.

Tetapi di Indonesia sendiri ada tiga jenis aplikasi HRIS yang paling dicari oleh perusahaan untuk mengelola kebutuhan SDM berdasarkan fungsinya. Tiga jenis aplikasi HRIS berdasarkan pada fungsinya, antara lain:

1. Aplikasi operasional HRIS

Tipe pertama HRIS adalah HRIS operasional. Aplikasi operasional HRIS adalah aplikasi HRIS dengan pilihan modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan SDM hanya dalam lingkup operasional, mulai dari administrasi karyawan, dengan pengelolaan kehadiran dan penggajian atau penggajian. Sistem ini memungkinkan manajer untuk melihat seluruh data karyawan termasuk posisi masing-masing dan peraturan pemerintah terkait dengan pekerjaan.

2. Aplikasi Taktis HRIS

Aplikasi HRIS Taktis adalah aplikasi HRIS dengan opsi modul terintegrasi untuk mengelola kebutuhan SDM dalam perencanaan tenaga kerja, rekrutmen, dan pelatihan / pengembangan. Jenis HRI ini akan mendukung perusahaan dengan menyediakan data yang berasal dari perusahaan internal dan eksternal. Misalnya informasi dari pengawas, karyawan, serikat pekerja, peraturan pemerintah, pesaing dan lainnya.

3. Aplikasi Strategis HRIS

Aplikasi Strategis HRIS adalah aplikasi HRIS dengan opsi modul terintegrasi yang membantu perusahaan menyelaraskan strategi perusahaan dengan karyawan mereka. Ucapan utama dari jenis HRI ini jelas mengetahui sumber daya manusia dan perencanaan secara keseluruhan.

Manfaat Menggunakan Aplikasi HRIS

1. Pekerjaan berulang dapat otomatis

Pekerjaan tim personalia berulang seperti resep yang tidak ada, proses distribusi gaji, perhitungan pajak penghasilan karyawan, perhitungan gaji, dan lainnya dapat dilakukan secara otomatis. Ini tentu akan membuat pekerjaan lebih cepat dan praktis.

2. Memfasilitasi kontrol kinerja karyawan

Dalam HRIS ini, sistem penilaian kinerja dapat dibuat. Sehingga Manajer SDM dapat mengontrol kinerja karyawan dan membandingkan kinerja ini dengan target atau indikator kinerja utama yang juga telah diatur dalam HRIS.

3. Biaya operasional lebih kecil

Dengan sistem informasi sumber daya manusia yang baik, biaya operasional seperti penggunaan kertas atau aplikasi lain dan biaya lembur akan dikurangi secara drastis.

4. Memfasilitasi proses penerimaan karyawan baru

Dalam pengertian HRIS ini akan muncul, bagian mana yang membutuhkan karyawan baru, apa kriteria yang dibutuhkan dan lainnya.

Sehingga akan memudahkan manajer SDM dalam proses memilih karyawan, hingga penempatan mereka di organisasi perusahaan.

5. Membantu dalam proses pengambilan keputusan

Sistem informasi yang terkait dengan sumber daya manusia yang baik dapat memberikan informasi yang sesuai sekaligus dengan cepat, karena sifatnya yang terpusat dan otomatis. Sehingga manajer SDM dapat mengakses informasi yang diperlukan dalam pengambilan keputusan kapan saja.

6. Mengurangi kesalahan manusia

Dengan menggunakan aplikasi HRIS Online, kesalahan perhitungan yang sering terjadi dalam perhitungan manual dapat diminimalkan.

7. Fleksibel dalam akses data

Aplikasi pendukung HRIS, biasanya aplikasi yang terhubung online. Oleh karena itu, data dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Anda sebagai pemilik perusahaan atau manajer SDM dapat melakukan kontrol atau inspeksi dengan fleksibel dan bebas.

8. Tingkatkan Kepuasan Karyawan

Karyawan dapat meningkatkan kepuasan kerja, karena melalui komunikasi sistem informasi sumber daya manusia antara karyawan dan tim personel dapat dilakukan lebih mudah dan lebih transparan.

Selain itu, kurangnya kesalahan dalam perhitungan gaji dan pajak, tentu akan meningkatkan kepercayaan karyawan kepada perusahaan yang pada akhirnya akan meningkatkan motivasi karyawan dalam pekerjaan.

Cara memilih aplikasi SDM terbaik untuk perusahaan!

Aplikasi SDM terbaik memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan, salah satunya mengelola administrasi karyawan setiap bulan. Di zaman modern ini ada banyak penyedia aplikasi SDM yang bersaing dengan berbagai fitur yang ditawarkan untuk Anda.

Tetapi beberapa fitur perangkat lunak SDM yang ditawarkan mungkin tidak Anda butuhkan atau mungkin hanya beberapa fitur yang Anda butuhkan. Karena itu, Anda tidak bisa hanya memilih aplikasi SDM. Anda harus memilih perangkat lunak SDM yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang Anda kelola. Inilah cara memilih aplikasi SDM terbaik untuk perusahaan.

1. Kebutuhan Perusahaan

Dalam memilih aplikasi SDM, Anda tidak bisa hanya memilih, tetapi lebih baik memilih aplikasi SDM yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Karena kemudian aplikasi SDM ini akan mengakomodasi kebutuhan administrasi personel perusahaan. Tentunya Anda tidak ingin bermasalah dengan aplikasi SDM ini. Karena itu Anda dapat mulai dari membuat daftar kebutuhan yang Anda butuhkan dalam aplikasi SDM.

2. Fitur yang menawarkan

Setelah Anda membuat daftar kebutuhan administrasi personel perusahaan, Anda dapat mengetahui tentang fitur yang ditawarkan oleh aplikasi SDM. Pastikan fitur-fitur ini sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang Anda kelola. Jangan lupa Anda harus tahu fitur-fitur unggulan apa yang ditawarkan. Pilih aplikasi SDM yang menyediakan fitur penuh sehingga Anda dapat dengan mudah mengaturnya berdasarkan kondisi karyawan.

3. Mudah dimengerti

Jika Anda telah memahami fitur aplikasi SDM yang ditawarkan, maka Anda dapat melihat apakah aplikasi SDM mudah digunakan atau tidak. Karena tujuan utama perusahaan yang menggunakan aplikasi SDM adalah dengan memfasilitasi kinerja personel. Pemilihan aplikasi SDM dengan tampilan yang rumit dan sulit dipahami pasti akan menyulitkan kinerja Anda dalam mengelola perusahaan.

Faktor semacam ini sangat penting untuk dicatat karena tampilan yang sederhana dan mudah dipahami membuat Anda tidak perlu berjuang untuk belajar terlalu banyak aplikasi teknis. Selain itu, pilih penyedia aplikasi SDM yang menyediakan pelatihan yang digunakan dan ada layanan cusstomer yang dapat dihubungi jika Anda mengalami hambatan dalam penggunaan aplikasi.

4. Biaya yang dikeluarkan

Penyedia aplikasi SDM sangat banyak dan harganya bervariasi. Anda harus menyesuaikan dengan anggaran yang diberikan oleh perusahaan dalam memilih aplikasi SDM. Anda harus terlebih dahulu membandingkan harga dan kualitas layanan yang disediakan oleh setiap penyedia aplikasi HR. Selain itu, aplikasi SDM dengan harga mahal tidak selalu membuat Anda lebih mudah untuk mengelola perusahaan. Sesuaikan kebutuhan perusahaan untuk memudahkan Anda memilih aplikasi SDM.

Itu beberapa cara untuk memilih aplikasi SDM terbaik untuk perusahaan. Dengan melihat 4 poin di atas Anda akan mendapatkan aplikasi SDM terbaik yang sangat berguna bagi perusahaan. Salah satu aplikasi HRIS terbaik saat ini adalah Talenta by Mekari.

Talenta adalah aplikasi HRIS Indonesia yang dilengkapi dengan semua fitur, solusi dan manfaat yang telah dijelaskan di atas.

Mulai dari perekrutan, perhitungan gaji, kehadiran, cuti, untuk memicu karyawan, semuanya dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi HRIS Talenta.

Tertarik dalam mencoba Talenta? Kunjungi situs web di halaman https://www.talenta.co/ dan isi formulir untuk menjadwalkan demo Talenta dengan tim penjualan dan berkonsultasi dengan masalah SDM Anda! Dan dapatkan aplikasi manajemen kehadiran akses gratis yang dimiliki oleh Talenta.

 


Comments

Popular posts from this blog

PENTINGNYA DASAR IMAN TAUHID

Review Kursi Kantor dan Gaming Racer Rexus RGC R60

Ketahui Aplikasi Belajar Online Bagi Siswa Saat Pandemi Covid -19