Kesemek : Buah “Genit” yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

 


Kesemek merupakan salah satu jenis buah yang unik di Indonesia. Hal ini dikarenakan tampilan serta rasanya yang berbeda dari yang lain. Buah kesemek berwarna orange seperti jeruk, bentuknya seperti tomat dengan rasa seperti madu. Buah yang satu ini biasanya dipasarkan dengan serbuk putih yang menyerupai bedak sehingga dinamakan buah “genit”.

 

Sebenarnya buah kesemek memiliki rasa sepat ketika dimakan. Namun akan menjadi manis dan nikmat setelah selama seharian direndam di dalam air kapur. Buah dengan tekstur berair ini mungkin kurang populer apabila dibandingkan dengan jenis buah yang lain. Tamuka  Harga buah kesemek yang kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh .

 

Kandungan Gizi dan Manfaat Kesemek

Meski memiliki ukuran buah yang relatif kecil, buah kesemek tidak bisa dianggap sepele karena kandungan gizinya yang cukup banyak. Kesemek mengandung karbohidrat, tanin, kalori, serat, protein, vitamin A, C, E, K, mangan, tembaga serta kalium. Tidak hanya itu, kesemek juga merupakan sumber fosfor dan folat. Berikut manfaat dari buah kesemek untuk kesehatan tubuh :

 

1.   Meningkatkan sistem imun

Kesemek diketahui sebagai salah satu buah dengan vitamin C yang paling tinggi. Asam askorbat pada buah kesemek dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian dalam tubuh sebanyak 80%. Vitamin C ini dapat merangsang imun dalam tubuh. Sehingga produksi sel darah putih meningkat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

 

2.   Menjaga kesehatan jantung

Dengan mengkonsumsi buah kesemek dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, menurunkan tekanan pada darah serta melindungi jantung. Hal ini dikarenakan kesemek mengandung zat flavonoid yang bagus untuk kesehatan jantung.

 

3.   Mengatasi penuaan dini

Buah kesemek memiliki zat polifenol yang dapat mencegah adanya kerusakan oksidatif pada sel kulit. Antioksidan pada buah kesemek juga mampu membuat elastisitas pada kulit semakin meningkat. Ditambah beta karoten dan vitamin C membuat kulit tampak lembut, bercahaya, dan kencang.

 

4.   Mengatasi stres

Agar tubuh tetap berenergi dan tidak mudah mengalami kelelahan, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kesemek. Karena buah ini mengandung potassium dan gula yang dapat meningkatkan insulin pada tubuh. Kesemek juga mampu membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan rileks.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

JENIS – JENIS TANAMAN UNTUK MODEL TANAMAN VERTIKAL YANG DAPAT ANDA COBA UNTUK DIJUAL DI PADI UMKM BAGIAN IV

PENTINGNYA DASAR IMAN TAUHID

EVALUASI BELAJAR ONLINE